5 CARA PASTIKAN RUMAH AMAN SAAT DITINGGAL BERLIBUR

Jika Anda berencana berlibur bersama seluruh keluarga dalam waktu lama, hal yang harus diutamakan adalah memastikan keamanan rumah. Rumah yang ditinggalkan keluarganya berlibur, biasanya menjadi sasaran empuk bagi para pencuri atau perampok.


Meskipun memiliki pembantu rumah tangga, Anda harus tetap waspada dengan segala risiko yang mungkin terjadi. Berikut ini tips agar rumah tetap aman saat ditinggal berlibur dalam waktu lama, seperti dikutip dari Helium.

1. Copy Dokumen Penting
Sebelum berangkat, copy-lah dokumen-dokumen penting semua anggota keluarga yang pergi. Paspor, kartu kredit, KTP dan SIM merupakan dokumen yang harus Anda copy untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kehilangan paspor, kesalahan input data, dan sebagainya. Tinggalkan satu rangkap di rumah, dan bawa satu rangkap lainnya saat bepergian.

2. Cek Kondisi Rumah Secara Berkala
Tindakan ini bisa dilakukan jika ada pembantu rumah tangga (PRT) atau orang yang bertugas menjaga rumah selama keluarga Anda pergi. Meski sudah dijaga, sebaiknya Anda tetap mengecek rumah dengan menelepon ke rumah, minimal satu kali dalam sehari.

3. Titipkan Rumah pada Keluarga atau Keamanan
Bagi Anda yang tidak memiliki PRT, bisa menitipkan rumah kepada keluarga, keamanan setempat atau tetangga yang Anda percaya untuk menjaga sambil menyalakan dan mematikan lampu. Jangan lupa melaporkan pada ketua RT tentang kepergian Anda.

4. Jangan Biarkan Rumah Terlihat Kosong
Mintalah pada orang yang Anda titipkan untuk mengambilkan koran atau surat-surat yang terdapat di garasi rumah agar rumah Anda tidak terlihat kosong. Trik lainnya, letakkan beberapa sandal di depan pintu agar terkesan ada orang di dalamnya.

5. Pastikan Kontak Listrik Aman
Matikan dan cabut segala macam kontak listrik yang tidak perlu seperti dispenser, televisi, pemanas air, dan sebagainya. Cukup nyalakan mesin yang perlu, misalnya kulkas atau air conditioner. Lakukan pengecekan ulang sebelum Anda mengunci rumah dan pergi berlibur.

[wolipop.com]

0 comments:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011 Catatan Si Wahyu designed by Cara & Qecak Media.