Ini Caranya Agar Tulang Tidak Cepat Keropos

http://images.detik.com/content/2011/11/28/1135/womenbone362.jpg
Dengan adanya peningkatan kejadian osteoporosis, pencegahan tentunya akan menjadi tindakan yang efektif dan terbaik untuk mengatasi osteoporosis. Osteoporosis merupakan penipisan jaringan tulang dan hilangnya kepadatan tulang yang dapat berkembang dari waktu ke waktu.

Sebagian besar wanita di seluruh negara telah atau sedang mengalami osteoporosis. Bahkan di Amerika sekitar 10 juta wanita saat ini telah mengalami osteoporosis dan 34 juta wanita lainnya berisiko osteoporosis.

Osteoporosis adalah jenis yang paling umum dari penyakit tulang. Osteoporosis terjadi ketika tubuh gagal untuk membentuk tulang baru yang cukup, ketika tulang tua telah terlalu banyak dihancurkan oleh tubuh.

Penyebab utama osteoporosis adalah penurunan estrogen pada wanita pada saat menopause dan penurunan testosteron pada pria.

Kalsium dan fosfat adalah dua mineral yang penting untuk pembentukan tulang normal. Sepanjang usia masih muda, tubuh menggunakan mineral tersebut untuk menghasilkan mineral tulang.

Jika tubuh tidak mendapatkan cukup kalsium atau jika tubuh tidak menyerap kalsium yang cukup, maka produksi tulang dan jaringan tulang dapat terganggu.

Ketika usia semakin tua, kalsium dan fosfat dapat diserap kembali ke dalam tubuh dari tulang, yang membuat jaringan tulang menjadi lebih lemah. Hal tersebut dapat mengakibatkan tulang rapuh, sehingga lebih rentan terhadap patah tulang, bahkan tanpa cedera sekalipun.
http://komunikan.com/wp-content/uploads/2011/10/osteoporosis-woman.jpg
Para ahli telah melakukan berbagai penelitian untuk menemukan beberapa cara yang efektif untuk mencegah timbulnya osteoporosis.

"Pertahanan dan pencegahan terbaik dari osteoporosis adalah untuk menciptakan dan mempertahankan tulang yang kuat padat," kata Dr. Daemon Jones seperti dikutip detikhealth dari HealthNews.

Hasil penelitian tersebut telah menunjukkan bahwa, angkat beban dan latihan resistensi dapat membantu membangun kekuatan tulang dan membangun massa otot.

"Ada juga suplemen penting yang dapat membantu, terutama asupan kalsium harian, yaitu sekitar 1.200 mg dan vitamin D sekitar 1.000 IU. Mineral lain yang tidak kalah penting, antara lain boron, tembaga, fluor, fosfor, besi, mangan, magnesium, kalium, vitamin C, vitamin K, dan seng," kata Dr. Jones.

Kebanyakan dari mineral tersebut dapat ditemukan dalam makanan sehari-hari dan tidak memerlukan suplemen. Diet sehari-hari harus terdiri dari banyak susu, sayuran berdaun hijau, ikan dan produk yang diperkaya dengan kalsium.

Pilihan terbaik untuk mencegah osteoporosis, antara lain, seperti dikutip dari detikhealth:
1. Menjaga kebugaran
2. Diet sehat
3. Suplemen

Jika telah mulai mengalami osteoporosis, tersedia terapi obat yang dapat memperlambat laju pengeroposan tulang atau bahkan meningkatkan ketebalan tulang.

Obat-obatan tersebut, antara lain biphosphonates, seperti accutane dan Boniva, dan Denosumab, juga dikenal sebagai Prolia. Juga terdapat obat yang berbasis estrogen, obat paratiroid, dan kalsitonin, yang dapat membantu mengatur kadar kalsium.

Jika memiliki faktor risiko tinggi osteoporosis, seperti riwayat keluarga, berat badan rendah, penggunaan obat tertentu, atau penggunaan alkohol, maka penting untuk melakukan pemeriksaan awal (skrining) osteoporosis setelah usia 50 tahun. Skrining juga sebaiknya dilakukan secara rutin pada wanita di atas usia 65 tahun.
http://us.images.detik.com/content/2010/03/01/766/sakit-punggung-depan-ehow.jpg


Sumber: www.klikunic.com

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011 Catatan Si Wahyu designed by Cara & Qecak Media.