5 Kerusuhan Penjara Terbesar di Dunia

Sering dikaitkan dengan kejang kontrol, kekerasan, kerusuhan penjara adalah cara yang ekstrim dimana para tahanan penjara menyuarakan keluhan mereka terhadap kepala penjara, pihak berwenang. Para narapidana percaya bahwa hanya pembangkangan yang bisa mendapatkan perhatian publik dan pemerintah. Beberapa kerusuhan dalam sejarah telah membuat praktisi koreksi mengambil tindakan untuk mencegah kegiatan tersebut terjadi.

1. Penjara New Mexico
Kerusuhan di penjara New Mexico, yang berlangsung pada tanggal 2 dan 3 Februari 1980 melawan keamanan maksimum penjara Negara selatan Santa Fe, adalah salah satu kerusuhan penjara paling kejam dalam sejarah sistem pemasyarakatan Amerika: 33 narapidana tewas dan lebih dari 200 narapidana dirawat karena cedera. Tak satu pun dari 12 petugas disandera tewas, tetapi tujuh orang dirawat karena luka yang disebabkan oleh pemukulan dan perkosaan.

2. Penjara Ashwell
Ratusan tahanan mengamuk di di Ashwell, Oakham, Rutland dalam kerusuhan penjara terburuk di Inggris selama hampir 20 tahun. Lebih dari 400 narapidana kabur dari sel mereka dan membakar bangunan penjara. Beberapa tahanan menghancurkan jalan keluar ke dasar penjara, tetapi tidak ada yang diyakini telah melarikan diri. Masalahnya dimulai ketika petugas menemukan seorang narapidana mabuk di Hooch. Alkohol tersebut kuat diseduh oleh tahanan-tahanan yang berkeliaran di lapangan.

3. Penjara Attica
Pemberontakan empat hari pada keamanan maksimum penjara Attica dekat Buffalo, New York, pada tahun 1971 adalah salah satu kerusuhan terburuk di masa lalu. Ketika ratusan polisi negara dalam hujan tembakan, 39 orang tewas dalam serangan bencana, termasuk 29 tahanan dan 10 penjaga penjara dan karyawan disandera sejak awal cobaan berat ini.

4. Penjara São Paulo
Salah satu episode paling mematikan dalam beberapa dekade terakhir terjadi pada tahun 1992 di São Paulo, Brazil, di mana 111 tahanan tewas sebagai otoritas berusaha untuk melakukan pemberontakan. Kelompok hak asasi manusia (HAM) menuduh petugas penjara membunuh narapidana dengan cara menembak tanpa pandang bulu, bahkan kepada mereka yang telah menyerahkan diri. Seorang kolonel polisi Brasil dijatuhi hukuman 60 tahun penjara karena menggunakan kekuatan berlebihan dalam merebut kembali fasilitas penjara.

5. Penjara Oklahoma
Pada bulan Juli 1973, Penjara Oklahoma di McAlester meledak menjadi salah satu penjara dengan kerusuhan terburuk dalam sejarah AS. Kondisi Ramai yang menyebabkan kerusuhan itu terjadi hampir sejak pembangunan fasilitas di tahun 1911. Kapasitas penjara yang mencapai 100.000 tahanan telah terlampaui pada tahun 1920, dan 1973, populasi penjara kelebihan 2-20 narapidana. David Hall menyatakan penolakan Gubernur untuk menandatangani rekomendasi pembebasan bersyarat untuk pelanggar obat dan narapidana dihukum karena kejahatan dan kekerasan sehingga hal tersebut memberikan narapidana kontribusi ke penjara secara berdesak-desakan. Kekerasan mulai muncul karena jumlah penjaga yang terlalu sedikit, serta terdapat peran oleh "bos narapidana," dan faktor-faktor lainnya juga yang menyebabkan ketidakpuasan narapidana.

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011 Catatan Si Wahyu designed by Cara & Qecak Media.