Rajin Olahraga Bantu Atasi Sulit Tidur

img

Sulit tidur nyenyak tiap malam? Jangan terburu-buru meminum obat tidur, cobalah rajin berolahraga mulai dari sekarang! Menurut sebuah studi, orang yang rutin olahraga atau pergi ke gym punya kualitas tidur yang lebih baik dan tidak lemas di siang harinya, daripada mereka yang jarang/ tidak pernah aktif secara fisik.

Para ilmuwan telah meneliti sampel dari 2.600 pria dan wanita, dengan usia antara 18 hingga 85 tahun. Penelitian tersebut ingin membuktikan teori bahwa aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur bisa menjadi solusi non-medis untuk meningkatkan kualitas tidur.

Dari hasil penelitian pun diketahui, berolahraga 150 menit per minggu bisa meningkatkan kualitas tidur hingga 65 persen. Bahkan, efeknya lebih baik daripada obat penenang atau obat tidur.

"Aktivitas fisik tidak hanya bermanfaat merampingkan pinggang dan menjaga kesehatan jantung, tapi juga membantu Anda tidur lebih nyenyak," tutur Brad Cardinal, peneliti studi dan profesor di Oregon State University, Amerika Serikat, seperti dikutip dari My Health News Daily.

Penelitian tersebut juga menemukan, partisipan yang rutin berolahraga dengan cara yang tepat (di bawah pengawasan instruktur atau mengikuti buku panduan olahraga), risiko mengalami kaki kram saat tidur berkurang hingga 68 persen. Sementara itu, 45 persen lebih bisa berkonsentrasi saat kelelahan.

Jadi, jika Anda mengalami insomnia atau sulit tidur, kemungkinan karena Anda jarang atau tidak pernah berolahraga. Menurut para peneliti, saat lelah orang cenderung lebih memilih untuk beristirahat atau tidur. Padahal dengan melakukan aktivitas fisik justru bisa membuat Anda lebih terjaga.

"Saat lelah, mungkin lebih mudah bagi Anda untuk melewatkan olahraga untuk pergi tidur, tapi rutin olahraga akan memberi banyak manfaat jangka panjang bagi kesehatan," ujar Brad.

0 comments:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011 Catatan Si Wahyu designed by Cara & Qecak Media.