Makan Mangga Usus Jadi Sehat

Makan Mangga Usus Jadi SehatSering kembung, kram perut atau sulit BAB? Bisa jadi Anda tekena gangguan pencernaan, atau usus kurang bagus kinerjanya dalam mencerna makanan. Ternyata dengan makan buah mangga yang manis segar, gangguan tersebut bisa diatasi lho!

Gangguan pencernaan merupakan masalah yang dihadapi oleh banyak orang. Gangguan ini umumnya disebabkan oleh kurangnya enzim pencernaan. Untuk mencegahnya tidak terlalu sulit. Slaah satunya dengan makan buah mangga.

Mangga sedang mulai musim saat ini. Jenisnya sangat banyak. Rasanya manis segar dan banyak disukai orang. Buah ini mengandung air dan karbohidrat (termasuk di dalamnya serat) yang tinggi. Selain itu, mangga juga sumber betakaroten, kalium dan vitamin C, antioksidan serta flavonoid, yang berfungsi baik untuk melindungi sel dari serangan radikal bebas.

Menurut Maharashtra Association Cultivation of Science's Agharkar Research Institute (MACS-ARI), buah mangga memang kaya nutrisi. Selain baik untuk melindungi sel dari radikal bebas, juga baik untuk menjaga kesehatan usus. Sebab, pada buah mangga terdapat zat prebiotik yang tinggi dibanding sayur atau buah lainya.

Mangga juga memiliki zat pektin yang berfungsi untuk memperlambat proses pencernaan dalam usus, dan meningkatkan kesehatan saluran cerna. Selulosanya berfungsi mempercepat waktu transit makanan dalam usus, meningkatkan volume feses, dan memperlancar proses buang air besar sehingga mengurangi risiko terkena kanker usus.

Hal senada dituturkan oleh Dr. Parimal Lawate, seorang ahli penyakit dalam. 'Bakteri baik atau prebiotik dalam tubuh mampu menjaga usus tetap sehat dan dapat membantu mencegah penyakit lainnya, seperti peradangan, penyakit usus, susah buang air besar dan irritable bowel syndrome (sindrom iritasi usus).'

Jika sering mengalami gangguan pencernaan dan sulit BAB, buah mangga bisa menjadi solusi yang sehat.

sumber:http://
food.detik.com/read/2011/04/12/074410/1614061/900/makan-mangga-usus-jadi-sehat?w993301food

0 comments:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011 Catatan Si Wahyu designed by Cara & Qecak Media.