Terungkap Kapan Kehidupan Pertama Muncul di Bumi



Headline


Kapan saat Bumi mulai dipenuhi oksigen dan menjadi tempat yang cocok untuk kehidupan muncul, sebelumnya menjadi misteri. Kini, para ilmuwan berhasil memecahkan misteri itu.
Ahli geomikrobiologi Kurt Konhauser mengatakn, peristiwa yang lebih dikenal sebagai Great Oxidation Event (GOE) ini terjadi sekitar 2,5 miliar tahun silam.
Ahli dari University of Alberta ini yakin, awal kehidupan yang bernapas oksigen ditandai dengan meningkatnya tingkat kromium pada batu kuno yang telah diketahui hingga saat ini.
Hasil studi yang diterbitkan di jurnal Nature ini diperoleh setelah Konhauser dan timnya menganalisa dua ribu sampel batu dari seluruh dunia. Batu tertua yang mereka teliti ditemukan di lautan dan mengandung banyak kromium dari batu daratan.
Lautan itu merupakan sumber oksigen tempat cyanobacteria muncul. Dari titik itu, atmosfer Bumi menjadi tempat yang cocok untuk organisme rumit bisa hidup.
Planet hunian manusia ini bergerak sangat lambat, diawali dari makhluk bersel satu hingga organisme dengan beberapa sel seperti dikutip DM.

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011 Catatan Si Wahyu designed by Cara & Qecak Media.